Jaminan Mutu

PrograM studi Teknik Sipil

Jaminan Mutu

Pada bagian ini, berisi deskripsi implementasi Sistem Penjaminan Mutu yang sesuai dengan kebijakan, organisasi, instrumen yang dikembangkan, serta monitoring dan evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut. Unsur-unsur yang perlu dijelaskan pada penjaminan mutu mencakup:

1)   Keberadaan organ/fungsi pelaksana penjaminan mutu internal yang berlaku pada UPPS yang didukung dokumen formal pembentukannya.

2)   Dokumen yang dimiliki yaitu kebijakan SPMI, manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir (Tabel 9.b LKPS).

3)    Keterlaksanaan  penjaminan  mutu  UPPS  dan  PS  sesuai  dengan  standar  nasional pendidikan tinggi. Standar yang ditetapkan perguruan tinggi mencakup IKU dan IKT yang terdiri dari: (1) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja sama; (2) Mahasiswa; (3) Sumber Daya Manusia; (4) Keuangan, Sarana dan Prasarana; (5) Pendidikan; (6) Penelitian; (7) Pengabdian kepada Masyarakat; (8) Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi.

4) Pelaksanaan  Audit  Mutu  Internal  (AMI)  dan  ketersediaan  bukti  sahih  efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu sesuai dengan siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PPEPP) oleh UPPS dan PS (Tabel 9.a LKPS).Pengakuan mutu dari lembaga audit eksternal, lembaga akreditasi, dan lembaga sertifikasi.

Audit mutu internal Prodi T Sipil oleh SPMI pada tahun 2021 telah dilakukan pada Februari 2021 dan Ontober 2021. AMI dilakukan menggunakan dokumen telisik dan dimonitor kemajuannya untuk melengkapi catatan temuan oleh auditor SPMI, sehingga diharap dokumen proses PPEPP semakin lengkap dari waktu ke waktu.

5)    Mendeskripsikan  pengukuran  kepuasan  pengguna  terhadap  layanan  manajemen terhadap para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra terhadap layanan manajemen), layanan pengelolaan dan pengembangan SDM, layanan pengelolaan keuangan dan fasilitas, layanan dan pelaksanaan proses pendidikan, layanan dan pelaksanaan proses penelitian, layanan dan pelaksanaan PkM dan Kepuasan pengguna lulusan dan mitra kerja terhadap kinerja lulusan. Pengukuran kepuasan pengguna memenuhi aspek-aspek sebagai berikut: (1) menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan; (2) dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif; (3) dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan; (4)    kaji-ulang   terhadap   pelaksanaan   pengukuran   kepuasan   para   pemangku kepentingan; (5) hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan, dan (6) hasil pengukuran kepuasan ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu secara berkala dan tersistem.

Tabel 9.a Evaluasi dan Pengendalian Sistem Penjaminan Mutu Internal

    No.Nama Standar (SN DIkti)Ketersediaan Standar (P)  Pelaksa naan Standar (P)Monitoring, Evaluasi dan Audit Mutu Internal (E)Umpan Balik Audit Mutu Internal (P)Tindak Lanjut Audit Mutu Internal (P)  Tanggal Audit Mutu Internal
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
1Standar Kompetensi LulusanAda Rencana Pembelajaran SemesterAda Penyusunan RPS untuk seluruh mata kuliahAda 88% mata kuliah telah memiliki RPS (Semester Ganjil) dan 92% mata kuliah telah memiliki RPS (Semnester Genap)Ada Kaprodi Bersama GKM menghimbau agar setiap dosen pengampu mata kuliah yang belum memiliki RPS untuk segera membuat RPSAda, 100% mata kuliah pada semester ganjil dan genap memiliki RPS03 Februari 2021
2Standar   Isi PembelajaranAda Laporan Pelaksanaan Tugas AkhirAda Penyusunan Daftar Peserta Tugas AkhirAda Koordinator TA belum membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan TAAda Kaprodi dan GKM menghimbau agar Koordinator TA membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan TA setiap semesterAda Koordinator TA membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan TA03 Februari 2021
3Standar Proses Pembelajara nAda Laporan Pelaksanaan Kerja PraktekAda Penyusunan Daftar Peserta Kerja PraktekAda Koordinator Kerja Praktek belum membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan Kerja PraktekAda Kaprodi dan GKM menghimbau agar Koordinator KP membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan KP setiap semesterAda Koordinator Kerja Praktek membuat Laporan Kinerja terkait Pelaksanaan Kerja Praktek03 Februari 2021
  4Standar Penilaian Pendidikan PembelajaranAda Assesment Kesesuaian  Proses Perkuliahan dan RPSAda Penilaian Kesesuaian Proses Perkuliahan dan RPS dilakukan oleh GKM melalui Google FormAda 63% penyampaian topik perkuliahan sesuai dengan RPS (Semester Ganjil) dan 89% penyampaian topik perkuliahan sesuai dengan RPS (Semester Genap)Ada Kaprodi dan GKM menghimbau agar semua dosen pengampu mata kuliah menyampaikan topik sesuai dengan RPSAda 100% penyampaian topik perkuliahan sesuai dengan RPS03 Februari 2021
  5Standar Dosen dan Tenaga KependidikanAda Aturan Pelaksanaan Dosen sebagai Pembimbing TAAda Setiap dosen maksimal membimbing TA sebanyak 10 mahasiswaAda Dosen membimbing TA sebanyak 8 – 12 mahasiswaAda Koordinator TA membagi secara merata mahasiswa TA untuk setiap dosen per bidang konsentrasiAda Dosen membimbing TA sebanyak < 10 mahasiswa03 Februari 2021
  6Standar Sarana dan Prasarana PembelajaranAda Pengadaan Prasarana PembelajaranAda Pengadaan alat laboratoriumAda Pengadaan beberapa alat di laboratorium Hidraulika, Mekanika Tanah, BetonAda Kaprodi mendorong agar setiap dosen penanggung jawab laboratorium untuk mengajukan usulan pengadaan alatAda Alat di setiap laboratorium lengkap dan berfungsi sebagai mana mestinya untuk dapat digunakan oleh mahasiswa03 Februari 2021
7Standar PengelolaanAda Struktur Kurikulum LengkapAda Penyusunan Kurikulum berbasis KKNI dan SNPTAda 90% Draft Kurikulum berbasis KKNI dan SNPT telah selesaiAda Kaprodi menghimbau seluruh dosen untuk bekerjasama dalam hal penyelesaian kurikulumAda Kurikulum berbasis KKNI dan SNPT selesai 100%03 Februari 2021
  8Standar Pembiayaan PembelajaranAda Rencana Pendapatan dan Anggaran BelanjaAda Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) ProdiAda Beberapa usulan dalam RKA tidak disetujui karena adanya beberapa pertimbangan seperti pandemi CovidAda Kaprodi meminta masukkan kepada dosen terkait penyusunan RKAAda Seluruh usulan RKA dapat disetujui dan pelaksanaan kegiatannya03 Februari 2021
    No.    Nama Standar (SN DIkti)  Ketersediaan Standar (P)  Pelaksa naan Standar (P)Monitoring, Evaluasi dan Audit Mutu Internal (E)Umpan Balik Audit Mutu Internal (P)Tindak Lanjut Audit Mutu Internal (P)  Tanggal Audit Mutu Internal
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
    19 efektif 
9Standar   Hasil PenelitianAda JurnalAda Dosen mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnalAda Beberapa dosen mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal baik nasional maupun internasional setiap semesterAda Kaprodi mendorong seluruh dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasionalAda Seluruh dosen dapat mempublikasika n hasil penelitiannya dalam jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional03 Februari 2021
10Standar   Isi PenelitianAda Laporan PenelitianAda Dosen mengumpulkan laporan penelitian baik mandiri maupun hibah ke PRPMAda Beberapa dosen mengumpulkan laporan penelitian ke PRPM tepat waktuAda Kaprodi Bersama Koordinator Penelitian menghimbau seluruh dosen untuk mengumpulkan laporan penelitian tepat waktuAda Seluruh dosen dapat mengumpulkan laporan penelitian tepat waktu03 Februari 2021
11Standar Proses PenelitianAda Surat tugas dari Kepala Pusat PRPMAda Dosen mengajukan usulan penelitian lewat Koordinator PenelitianAda Beberapa dosen mengajukan usulan penelitian lewat Koordinator Penelitian tepat waktuAda Kaprodi dan Koordinator Penelitian menghimbau agar seluruh dosen mengajukan usulan penelitian tepat waktuSeluruh dosen dapat mengajukan usulan penelitian tepat waktu sehingga dapat diterbitkan Surat Tugas dari Kepala Pusat PRPM03 Februari 2021
12Standar Penilaian PenelitianAda Laporan PenelitianTidak Ada Laporan penelitian dosen belum mengecek TKTTidak AdaTidak AdaTidak Ada03 Februari 2021
13Standar PenelitiAda Laporan PenelitianAda Dosen melakukan penelitian sesuai dengan bidang keilmuannya dan membuat laporan penelitian baik baik mandiri maupun hibahAda Beberapa dosen berkolaborasi melakukan penelitian sesuai bidang keahliannya dan membuat laporan penelitianAda Kaprodi menghimbau agar seluruh dosen berkolaborasi dalam melakukan riset sesuai bidang keilmuannya dan melaporkan hasilnya dalam bentuk laporan ke PRPMAda Seluruh dosen berkolaborasi dalam melakukan riset sesuai bidang keilmuannya03 Februari 2021
14Standar Sarana dan Prasaran PenelitianAda MoU KerjasamaAda Dosen melakukan kerjasama dengan pihak luar dalam hal penggunaan sarana dan prasarana untuk melakukan penelitianAda Beberapa dosen melakukan kerjasama dengan pihak luar seperti pabrik/supplier batako untuk melakukan penelitianAda Kaprodi menghimbau agar seluruh dosen dapat menjalin kerjasama dengan pihak luar khususnya dalam menunjang pelaksanaan penelitianAda Seluruh dosen dapat melakukan MoU Kerjasama dengan pihak luar dalam hal dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan penelitian03 Februari 2021
  15Standar Pengelolaan PenelitianAda Sertifikat HKIAda Penelitian dosen difasilitasi oleh PRPM untuk memperoleh sertifikat HKIAda Penelitian dari beberapa dosen memperoleh sertifikat HKIAda Kaprodi mendorong agar semua dosen dapat melakukan penelitian yang dapat dipatenkan melalui sertifikatAda Seluruh dosen dapat mematenkan penelitiannya03 Februari 2021
    No.    Nama Standar (SN DIkti)  Ketersediaan Standar (P)  Pelaksa naan Standar (P)Monitoring, Evaluasi dan Audit Mutu Internal (E)Umpan Balik Audit Mutu Internal (P)Tindak Lanjut Audit Mutu Internal (P)  Tanggal Audit Mutu Internal
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
     HKImelalui sertifikat HKI 
  16Standar Pendanaan Dan Pembiayaan PenelitianAda Pendanaan dan Pembiayaan PenelitianAda Penelitian dosen mendapatkan pembiayaan yang bersumber dari internal institusi maupun pemerintahAda Beberapa penelitian dosen mendapatkan pembiayaan yang bersumber dari internal institusi maupun pemerintahAda Kaprodi menghimbau untuk seluruh dosen mengikuti hibah penelitian yang sumber dananya baik berasal dari internal institusi maupun pemerintahAda Penelitian seluruh dosen dapat dibiayai dari internal institusi maupun pemerintah03 Februari 2021
17Standar Hasil PkMAda JurnalAda Dosen mempublikasikan hasil kegiatan PKM dalam jurnalAda Beberapa dosen mempublikasikan hasil kegiatan PKM dalam jurnal AbdimasAda Kaprodi mendorong seluruh dosen untuk mempublikasikan hasil kegiatan PKM dalam jurnal AbdimasAda Seluruh dosen dapat mempublikasika n hasil kegiatan PKM dalam jurnal03 Februari 2021
18Standar Isi PkMAda Laporan hasil PKMAda Dosen membuat laporan hasil kegiatan PKM baik mandiri maupun hibahAda Beberapa dosen mengumpulkan laporan hasil kegiatan PKM ke PRPM tepat waktuAda Kaprodi Bersama Koordinator PKM menghimbau seluruh dosen untuk mengumpulkan laporan hasil kegiatan PKM tepat waktuAda Seluruh dosen dapat mengumpulkan laporan hasil kegiatan PKM tepat waktu03 Februari 2021
19Standar Proses PkMAda Surat tugas dari Dir PRPMAda Dosen mengajukan usulan kegiatan PKM lewat Koordinator PKMAda Beberapa dosen mengajukan usulan kegiatan PKM lewat Koordinator PKM tepat waktuAda Kaprodi dan Koordinator PKM menghimbau agar seluruh dosen mengajukan usulan kegiatan PKM tepat waktuSeluruh dosen dapat mengajukan usulan kegiatan PKM tepat waktu sehingga dapat diterbitkan Surat Tugas dari Dir PRPM03 Februari 2021
20Standar Penilaian PkMAda Laporan Hasil Kegiatan PKMTidak Ada Laporan Hasil Kegiatan PKM dosen belum mengecek TTGTidak AdaTidak AdaTidak Ada03 Februari 2021
21Standar Pelaksana PkMAda Laporan Hasil dan Pelaksanaan PKMAda Dosen mengajukan hibah internal untuk kegiatan PKMAda Beberapa dosen menerima hibah internal untuk melaksanakan kegiatan PKMAda Kaprodi menghimbau agar seluruh dosen mengajukan usulan kegiatan PKM dengan skema hibah internalAda Seluruh dosen mengajukan usulan kegiatan PKM dengan menggunakan skema hibah inetrnal03 Februari 2021
22Standar Sarana dan Prasarana PkMAda Panduan Pengadaan Sarana,Penggunaa n, dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana PKMAda Dosen menggunakan beberapa alat laboratorium untuk kegiatan PKMAda Beberapa dosen menggunakan beberapa alat laboratorium untuk kegiatan PKMAda Kaprodi mendorong agar setiap dosen penanggung jawab laboratorium untuk mengajukan usulan pengadaan alat untuk memfasilitasi kegiatan PKM di setiap awal tahun anggaranAda Seluruh dosen dapat memanfaatkan alat laboratorium untuk menunjang kegiatan PKM03 Februari 2021
23StandarPenge lolaan PkMAda Sertifikat HKIAda Kegiatan PKM dosen difasilitasi oleh PRPM untuk memperoleh sertifikat HKIAda Kegiatan PKM dari beberapa dosen memperoleh sertifikat HKIAda Kaprodi mendorong agar semua dosen dapat melaksanakan kegiatan PKM yang  dapat dipatenkan melaluiAda Seluruh dosen dapat mematenkan kegiatan PKM03 Februari 2021
    No.    Nama Standar (SN DIkti)  Ketersediaan Standar (P)  Pelaksa naan Standar (P)Monitoring, Evaluasi dan Audit Mutu Internal (E)Umpan Balik Audit Mutu Internal (P)Tindak Lanjut Audit Mutu Internal (P)  Tanggal Audit Mutu Internal
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
     sertifikat HKImelalui sertifikat HKI 
24Standar Pendanaan dan Pembiayaan PkMAda Laporan Kegiatan Hasil PKMAda Kegiatan PKM dosen mendapatkan pembiayaan yang bersumber dari kerjasama dengan perusahaan swastaAda Beberapa kegiatan PKM dosen mendapatkan pembiayaan yang bersumber dari Kerjasama dengan perusahaan swastaAda Kaprodi menghimbau untuk seluruh dosen menjalin kerjasama dengan perusahaan swasta atau lembaga lain untuk mendukung kegiatan PKMAda Kegiatan PKM seluruh dosen dapat dibiayai dari Kerjasama dengan pihak swasta atau lembaga lain03 Februari 2021
Jum l ahNs=Ne=Nd=Nc=Nb=Na= 

  Keterangan:

  1. Kolom 3-7 isi dengan Ada atau Tidak Ada, serta lengkapi dengan bentuk kegiatannya.
  2. Lampirkan bukti dokumen saat pelaksanaan Audit Mutu Internal

  Tabel 9.b Ketersediaan Dokumen/Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal  

No.Jenis Dokumen Penjaminan MutuNo dan Tanggal Dokumen
(1)(2)(3)
1Dokumen/Buku Kebijakan SPMI022//Kept-PU/XII/2020 – 14 Desember 2020
2Dokumen/Buku Manual SPMI: a. 120 Manual Standar Nasional PT b. 50 Manual Standar ditetapkan ITI236/Kept-ITI/XII/2020 – 10 Desember 2020
3Dokumen/Buku Standar SPMI: a. 24 Standar Nasional PT b.10 Standar ditetapkan ITI022//Kept-PU/XII/2020 – 14 Desember 2020 dan 527/ Kept-ITI/X/2021 – 12 Oktober 2021
4Dokumen/Buku Formulir SPMI(belum ada)
5Dokumen/Buku Panduan AMI02a/Kept-ITI/I/2021 – 11 Januari 2021